Teknologi Animasi akan Meriahkan Pembukaan PON 2012 di Riau

Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII) di Pekanbaru, Riau, pada 11 September 2012 berpeluang spektakuler. Panitia penyelenggara menyatakan telah menyiapkan pertunjukan. Menurut mereka, ini untuk membuat penonton kagum menyaksikannya.

Dengan menggunakan teknologi animasi yang canggih, panitia akan memindahkan gelombang Bono yang ada di Sungai Kampar, Riau, ke Stadion Utama, tempat pembukaan PON. Dalam pertunjukan itu akan terlihat pula orang berselancar di gelombang Bono. Konsep pertunjukan ini sudah dirancang sejak Februari lalu.

Ongo IKJ, konsultan multimedia untuk acara pembukaan PON, mengatakan pihaknya mengangkat tema air pada acara pembukaan. Ini karena budaya Melayu memang berasal dari air, terutama kehidupan sungai.

"Sejak dulu sebagian masyarakat Melayu memang sangat tergantung pada sungai yang mengalir di daerah ini," kata Ongo, seperti yang dikutip dari ponriau2012. "Karena itulah kami sepakat untuk mengangkat air sebagai tema dalam acara pembukaan PON".

Teknologi animasi ini digunakan untuk menciptakan efek air di tengah-tengah lapangan yang menjadi tempat acara pembukaan PON. "Melalui penggunakan teknologi tiga dimensi, seluruh penonton akan melihat pemandangan air di tengah lapangan," kata Ongo.

Menurut Onggo, jarang sekali ada event besar yang menggunakan teknologi animasi dalam waktu cukup lama. "Hanya di pembukaan PON ini saja teknologi itu digunakan dalam waktu lama, sehingga ini bakal menjadi daya tarik yang bagi para penonton," kata Ongo.

Skenario acara ini ditulis sastrawan Riau, Taufik Ikram Jamil. Acara ini akan didukung oleh 1.600 penari. Mereka direkrut dari para pelajar yang ada di Riau. "Ini persembahan orang-orang Riau untuk event olahraga terbesar nasional ," kata Ongo.


0 komentar on Teknologi Animasi akan Meriahkan Pembukaan PON 2012 di Riau :

Posting Komentar